Durian Musang King, Raja Buah-Buahan di Asia

Durian musang king
Bisnis durian musang king, Sumber gambar: maxmanroe.com 

Durian adalah raja buah-buahan di Asia, nilai impor durian di China Kini lebih besar dari gabungan cherry dan pisang para petani di Malaysia mulai bercocok tanam buah durian bahkan Keluarga Kerajaan pun ingin ikut dalam kesempatan emas ini, akan tetapi bisnis durian yang berkembang saat ini harus dibayar mahal karena saat ini petani kecil terjebak dalam persaingan yang kuat dengan perusahaan-perusahaan besar swasta dan pemerintah daerah.

Jadi Mengapa sih buah durian ini menyebabkan begitu banyak Persaingan di Asia untuk menyelidiki tentang salah satu buah populer di Asia ini, Mari kita bahas di negara Malaysia.

Pemerintah negara bagian Malaysia menebang 15000 pohon durian, pemerintah mengatakan bahwa Tanah ini adalah tanah publik dan pertanian ini secara teknis tidak legal, begitulah kata pemerintah malaysia.

Namum petani-petani berkata membudidayakan pohon-pohon ini sudah secara turun-temurun dan tanpa masalah Bahkan mereka berkata mereka lah yang mempopulerkan varian spesial durian Musang King yang kini dijual rata-rata 32,5RM di Malaysia Selama musim 2001.

Menurut petani penghancuran kebun durian adalah salah satu taktik menakut-nakuti untuk mengusir mereka dari tanah atau bahkan menandatangani kontrak tidak hadir, yang bahkan telah tersebar video tiktok yang menjadi viral di Malaysia di video tiktok Itu tampak sekali menunjukkan otoritas negara menebang pohon durian.

Jika tadi kita sudah membicarakan tentang durian dan perkebunan sekarang kita beranjak membahas durian di sebuah kios pemukul durian, Durian ini ada di rute kotapraja berpenduduk 100.000 orang yang dikenal sebagai ibukota durian Malaysia.

Buah-buahan di sana menjalani pemeriksaan kualitas yang cermat sebelum diambil oleh pembeli lokal dan internasional, durian di kios itu para pekerja memisahkan buah yang baik dan buah yang agak buruk.

Memang tidak mudah memisahkannya tapi itu penting karena pembeli yang menjual durian ke negara-negara seperti Cina mengharapkan buahnya tanpa cacat bahkan para pekerja di situ mampu menyortir hingga 400 keranjang setiap harinya, Selama musim Puncak yang berlangsung dari Juli hingga September dan Desember hingga Maret.

Rata-rata durian yang diekspor dari wilayah itu berakhir di Singapura, dalam wawancara saya waktu itu dengan seorang bernama Kelvin, Kelvin sendiri adalah salah satu pengusaha di kota itu, dia memulai bisnis itu pada 2017 dengan memiliki etalase yang kecil pada awalnya.

Usahanya dia juga menjual durian beku grosir ke pembeli dari Cina, setiap musim banyak orang Singapura akan bepergian ke Malaysia untuk makan durian di sana, karena durian di sana lebih murah Pada masa pandemi. Kevin pun berkata meningkatnya permintaan China dan melonggarkan peraturan secara fundamental mengubah bisnis durian.

China menerima durian impor dari singapura senilai 2,3 miliar Dolar pada tahun 2020, jumlah yang meningkat empat kali lipat sejak 2017.

Dibalik meningkatnya bisnis durian masih ada persaingan antara pemerintah dan petani yang belum terselesaikan persaingan ini dimulai pada tahun 2014, mungkin saat itu pemerintah menyewakan lebih dari 5000 hektar tanah dalam rute ke perusahaan swasta kelompok durian yang bernama Royal paham, pemegang saham terbesarnya yaitu Keluarga Kerajaan Malaysia, pemerintah negara bagian dan perusahaan yang bekerjasama dengan mereka.

Petani hanya mempunyai dua pilihan, yaitu keluar dari tanah atau menandatangani kontrak yang tidak adil, kini bisnis durian Malaysia terus berkembang perusahaan yang bernama Royal Palm durian group berencana Membangun fasilitas pengelolaan durian terbesar di Malaysia dan pada tahun 2030 ahli durian negara itu diperkirakan meningkat 50%. ya Seiring berjalannya waktu Apakah petani kecil akan mendapatkan keuntungan. Mari Kita lihat saja nanti ya.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bisa menambah wawasan anda. Dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar